Wednesday, March 15, 2017

Cara Menambahkan Kapasitas/Partisi Ke Drive C: Windows 10

Drive C: merupakan partisi sistem pada Windows, semua program biasanya terinstal secara default ke Drive C:. Disitulah letak kelemahan windows, kalo kita gak pinter membagi partisi atau lokasi drive saat instalasi kinerja komputer kita semakin hari semakin lambat, mengingat kita pasti akan instal suatu aplikasi dikemudian hari, ditambah update dari Windows yang kadang mencapai Gigabit tiap updatenya.

Masalah itulah yang kemaren gua hadapi, kinerja laptop gua menurut karna Drive C: laptop gua abis sama update Windows ditambah pembagian partisinya yang kecil. Gua mencoba untuk tambah kapasitasnya pembagiannya lewat Disk Management tapi gak bisa karna berbeda jenis Partisinya yang dimana Drive C: itu Primary sedengakan Drive D: nya Logical dengan kata lain kalo mau nambah kapasitas si Drive C: partisi yang mau ditambahkan harus nyebrang dari Logical ke Primary.

Lalu gua coba aplikasi pihak ketiga, yaitu EaseUS Partition Master siapa tau partisi tambahan yang gua bikin bisa nyebrang dari Logical ke Primary, tapi hasilnya sama ajh walaupun partisi tambahan yang gua bikin udah jadi Primary tetep gak bisa, setelah dicoba di satukan si partisi berubah kembali jadi Logical, karna partisi yang gua ambil untuk menambahkan Drive C: diambil dari Drive D:.

Tapi setelah gua keliling komplek Google akhir ketemu jawabannya, ada freeware pihak ketiga namanya MiniTool Partition Wizard Free Edition yang menurut gua lebih mudah digunakan, oke daripada kelamaan berikut langkahnya:

1. Download MiniTool Partition Wizard Free Edition disini.
2. Instal seperti biasa, lalu buka dan klik seperti gambar dibawah.

3. Klik Drive C: kalian, lalu klik Extend Partition seperti gambar dibawah.

4. Pilih Partisi yang udah kalian buat untuk ditambahkan ke Drive C:, lalu kotak biru dibawahnya ke Maximum.

5. Sebelum diproses akan keluar peringatan dari aplikasi klik Yes, lalu proses akan langsung berjalan.

6. Tunggu sampai ada pemberitahuan sukses dari aplikasi, lalu Restart.

Selesai!! Kapasitas Drive C: kalian udah berhasil ditambah.

Semoga postingan ini berguna untuk kalian. Okey, cukup dari gua nanti lanjut dipost selanjutnya, keep calm, stay healthy, and respect ... cheer!