Monday, May 15, 2017

Pencegahan Awal Ransomware WANNACRY

Namanya masalah gak ada selesainya, setelah selesai satu muncul lagi yang lain. Kayak yang lagi viral 2 hari terakhir ini (14/05/17) yaitu kemunculan virus Ransomware baru yang bernama Wanna Decryptor atau Wanna Cry yang sudah menyerang 2 rumah sakit di jakarta, mengingat rumah sakit adalah instansi masyarakat dimana merupakan tempat yang stragis untuk penyerangan secara cyber atau melalui internet, tidak menutup kemungkinan virus ini akan menyerang instansi lain, seperti Universitas, Instansi Pemerintah dan Instansi Negri atau Swasta lain yang akan membuat dampak buruk untuk suatu negara.

Langkah pencegahan awalnya yaitu:
1. Masuk Ke "Programs and Features" dengan tekan Win+X.
2. Klik "Turn Windows feature on or off" sebelah kiri atas.
3. Setelah muncul popup windows, scroll kebawah lalu cari "SMB 1.0/CIFS File Sharing Support" lalu uncheck atau hapus centangnya tekan OK, lalu Restart.
4. Masuk ke Windows Firewall pada pencarian dengan menekan Win+Q. 5. Klik Advenced Setting disebelah kiri.
6. Setelah muncul popup windows, klik "Inbound Rules" disebelah kiri.
7. Klik Action lalu klik New Rule.
8. Pada popup windows Port lalu next.
9. Lalu masuk port 139, 445, 3389 pada specific local ports untuk di blok oleh Firewall.
10. Pada langkah selanjutnya pilih "Block the connection"lalu next.
11. Selanjutnya cek semua, Domain, Private, Public lalu next.
12. Isi nama bebas, untuk gua sendiri diisi WannaCry supaya mudah diingat, ditambah deskripsinya.

Selesai!!

Adapun cara pencegahan lain yang lebih mudah adalah jangan buka email jika sumber dirasa mencurigakan dan sumbernya blum diketahui juga selalu update antivirus kalian, agar bisa membantu dan mempermudah kalian untuk mengatasi virus menginfeksi perangkat kalian.
Disarankan untuk pengguna Windows menginstal Microsoft Essential (Windows 7 untuk yang masih menggunakannya) dan Windows Defender (Windows 8/10) sebagai antivirusnya. Pastikan juga sistem operasi kalian merupakan update terbaru (disarankan untuk menggunakan Windows 10)