Showing posts with label Android. Show all posts
Showing posts with label Android. Show all posts

Tuesday, November 21, 2017

Mencoba Tampilan Fuchsia OS Pada Android

Pada beberapa waktu yang lalu Google dikabarkan sedang menggarap sistem operasi lain bernama Fuchsia OS yang sempet rame dibicarakan oleh semua penyedia artikel online. Mungkin kalian juga pernah denger atau bahkan udah tau rumor ini kalo kalian belum tau kalian bisa baca Fuchsia OS, Saudara Baru Android Dari Google.

Nah, kali ini gua bukan mau ngebahas rumornya tapi bocoran perihal tampilannya, buat kalian yang mau liat atau mecoba tampilan Fuchsia OS cukup mudah juga gampang.
Sebelumnya kalian harus download dulu "Armadillo" lalu install.
Setelah selesai download dan install baru kalian bisa mencoba menikmati tampilan Fuchsia OS.

Tuesday, October 17, 2017

Pixel 2 Launcher Dan Live Wallpaper Untuk Semua Android

Sebelumnya udah ada port Launcher dari Pixel 2 untuk semua perangkat Android, cuma gua belum sempet buat artikelnya, dan akhir setelah selang beberapa lama muncul kembali porting Live Wallpaper dari Pixel 2 yang menurut gua ini sesuatu yang baru dan langsung gua buat arikelnya.

Live Wallpaper ini di porting oleh Pengembang asal India bernama Pranav Pandey pada thread yang dibuat di XDA Forum.

 

Versi Minimal Android Untuk Install 6.0+
Gua sarankan kalo kalian install Pixel 2 Launcher, install juga aplikasi Wallpaper dari Google bisa kalian download di Play Store


Daripada lama menjelaskan dan gua udah kehabisan kalimat, berikut link dari Pixel 2 Launcher dan Live Wallpaper:

Live Wallpaper
Pixel 2 Launcher

Wednesday, September 20, 2017

Menggunakan Multi Windows Pada Android 7.1+

Multi windows merupakan salah satu fitur Android yang menurut gua punya nilai lebih, karna fitur  memungkinkan kita untuk mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan. Setau gua fitur ini pertama kali ada pada Android Marshmallow itupun harus menambahkan garis baru pada build.prop dan harus diaktifkan di Developer options, itu pengalaman gua selama pake Xperia M4 Aqua dan Redmi 3S.

Karna kemaren gua ditawarin hape sama temen, sekarang gua ganti lagi ke Xperia Z5 Compact dimana versi Android-nya udah naik ke Nougat, sebenernya agak disayangkan juga sih karna si Suzuran beserta jajaran keluarga seri Z yang lain gak dapet pembaharuan ke Oreo. Tapi disisi lain Android Nougat gak jauh beda sama Oreo, salah satunya difitur Multi Windows ini.

Beda dengan di Custom Rom fitur Multi Windows ini gak harus menamhkan garis baru pada build.prop dan diaktifkan dari Developer options, itu juga yang sempet bikin gua pusing. Karna di Nougat (kemungkinan di Oreo juga) untuk menggunakan Multi Windows yaitu,
-  Cukup menekan tombol “recent apps” pada navigasi bar
-  Lalu geser aplikasi ke arah atas
-  Lalu pilih aplikasi ke dua yang ingin kalian gunakan

Kalo masih kurang jelas bisa liat cuplikan dibawah:


Mudahkan, jadi sekarang kalian bisa membuka Whatsapp tanpa harus keluar dari Youtube. Okey cukup dari gua semoga apa yang gua bagikan bisa bermanfaat, Keep Calm, Stay Healthy, and Respect ... cheers!

Saturday, August 26, 2017

Android 8.0 Oreo Pahlawan Android Yang Datang Dengan Coklat Dan Susu

Google akhirnya resmi mengumumkan nama untuk Android versi 8.0 pada 21 Agustus 2017 lalu di New York, Amerika. Oreo pada akhirnya benar-benar dipilih jadi nama dari sistem operasi penerus Android Nougat tersebut. Gua pribadi ngerasa kalo peluncuran versi Android yang sekarang itu terlalu cepet.

Kalo misalkan diliat ke belakang, Android Kitkat resmi diluncurkan 31 Oktober 2013, Android Lollipop resmi diluncurkan 12 November 2014, Android Marshmallow resmi diluncurkan 5 Oktober 2015, dan Android Nougat resmi diluncurkan 9 Agustus 2016. Kalo mau diliat lebih ke belakang kira-kira Android diluncurkan antara bulan Oktober-Desember.

Diluar itu semua Oreo sendiri merupakan Produk Makan kedua setelah sebelumnya Kitkat yang dijadikan nama belakang dari versi Android. Juga berbeda dengan Nougat yang UI-nya didominasi warna hitam, Oreo didominasi dengan UI yang warna Putih.

Oreo juga memiliki banyak fitur-fitur yang blum ada di versi Android sebelumnya, seperti:

Notification Dots
Mempermudah pengguna untuk melihat notifikasi yang terlewat tanpa harus membuka statusbar.

Picture-in-Picture
Fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi lain tanpa harus keluar dari Youtube atau Video Call.

Dan masih banya fitur lain yang terdapat di Android Oreo yang blum bisa gua tulis. Untuk Tampilannya sendiri tidak begitu berbeda dengan Marshmallow dan Nougat hanya berbeda dominasi warna.




Gimana keputusan kalian sekarang? Kira-kira bagus gak nih si Oreo dan mau gak kalian Upgrade ke versi terbaru ini. Okey mungkin cukup dari gua kita lanjut di posting berikutnya,Keep Calm, Stay Healthy, and Respect ... cheers!

Saturday, January 28, 2017

Lineage OS Pemain Pengganti Untuk Cyanogenmod

Mungkin untuk sebagian kalian pengguna Android udah gak asing lagi sama Cyanogenmod, dan kalian juga pasti tau atau minimal denger atau juga baca headline berita kalo ternyata distributor custom ROM Android ini udah gak ada. Ya! Tepat dihari pergantian tahun 2016-2017 merupakan hari yang menyedihkan buat pengembang dan pengguna Cyanogenmod, gak tau apa alasan jelasnya kenapa Cyanogen Inc tidak melanjutkan Cyanogenmod.

Lepas dari ini, setelah cyanogenmod ditutup hadirlah suksesornya yaitu Lineage OS. Walaupun baru beberapa hari custom ROM yang melanjutkan cyanogenmod 13 ini hadir dengan bugs minim, seperti custom ROM yang hadir dan gua pake sekarang Lineage OS 13 di Xiaomi Redmi 3S setelah loncat dari Sony Xperia M4 aqua, custom ROM-nya cukup stabil walaupun masih ada beberapa bugs tapi gua cukup nyaman memakainya.

Bugs yang ada di Lineage OS 13 untuk Xiaomi Redmi 3S ini seperti sensor goodix tidak berfungsi, tapi sudah ada patchnya (19/01/2017) dan bisa berfungsi kembali dengan baik, juga bugs pada GPS navigasi, kalo kalian coba untuk pake navigasi di Google Maps, hape kalian akan langsung reboot tapi skg (07/02/2017) udah ada patchnya, jauh dari bugs diatas semuanya berjalan dengan baik.

Tuesday, October 18, 2016

Safe Mode Pada Android Xperia

Safe Mode merupakan metode alternatif untuk booting pada sistem operasi  yang membuatnya lebih mudah untuk mendiagnosa masalah, metode ini udah gak asing lagi pada Sistem Operasi Windows.

Untuk Sistem Operasi Android mungkin masih kurang familiar atau bahkan dianggap gak ada tapi nyatanya memang ada, Feature Safe Mode ini gua temui pada Xperia M4 Aqua gua dimana smartphone gua udah menjalankan Android Marshmallow 6.0.1.

Gua gak terlalu banyak ngotak-ngatik pada Safe Mode karna gua gak tau harus ngapain, tapi untuk kalian yang mau mencoba-coba untuk mencari tau apa ada yang ada di Safe Mode.


Caranya cukup tekan tombol Power seperti biasa kalian mematikan Smartphone, lalu tekan Power Off sampai keluar notifikasi seperti dibawah lalu tekan "OK"


Tunggu sampai smartphone kalian kembali menyala dan kalian udah masuk Safe Mode. Pada motode ini widget yang ada pada Homescreen kalian tidak akan muncul seperti layaknya pada Sistem Operasi Windows bedanya cuma pada Android wallpapernya gak jadi hitam dan pada bagian sebelah kiri bawah ada tulisan Safe mode.

Exchange, Feature Gmail Yang Bersahabat

Untuk memudahkan pengguna, Google telah menambahkan feature Exchange pada Gmail dimana feature ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan akun email selain Gmail untuk bisa digunakan pada aplikasi Gmail, mengingat setiap pengguna Android pasti memiliki email lebih dari satu dan berbeda platform. Kayak gua yang punya 3 akun email dengan platform Google digunakan khusus Android dan akun-akun Google, Outlook atau Hotmail digunakan khusus untuk Laptop karna gua pake windows dan akun-akun Microsoft yang lain, dan Yahoo! digunakan untuk pekerjaan.

Berkat adanya feature baru ini semua akun gua jadi satu dalam satu aplikasi, dan kalo akun email kalian yang lain tersambung dengan Gmail pada saat kalian masukan akun email tersebut akan langsung tersambung pada Gmail dan yang akan muncul pada akun Gmail kalian adalah akun email yang lain yang sudah tersambung dengan Gmail!

Gua sendiri udah menyambungkan akun Gmail dengan Yahoo! jadi pada akun Gmail gua yang tampil adalah email Yahoo! seperti gambar dibawah, yang dimana email Yahoo! gua merupakan email pemulihan akun Google gua.
Google seneng banget bongkar pasang feature di Android dan aplikasi yang meraka bikin, walaupun feature tersebut berguna, seperti feature Exchange pada Gmail yang siapa tau di versi berikutnya akan dihilangkan, jadi saran gua mumpung feature ini masih ada gunain ajh daripada repot donlod aplikasi email lain yang mempersempit kapasitas penyimpanan sama bebanin memory.

Saturday, September 10, 2016

Instal Android Di Laptop Atau PC

Android merupakan salah satu sistem operasi mobile terbesar yang udah gak asing lagi, sistem operasi ini biasanya kita jumpai pada smartphone, tapi gimana kalo Android coba diinstal di Laptop atau PC.

Langkah-langkahnya:
1. Download Remix OS disini, lalu extract.
2. Buat drive baru dengan disk management.
3. Buka aplikasi untuk install Remix OS, lalu pilih drive yang tadi kalian buat dan iso image Remix OS yang tadi udah kalian download, lalu klik OK

4. Tunggu sampai selesai, lalu reboot PC Anda.

5. Pilih Remix OS Windows Boot Menu.

Kalo kurang jelas, berikut video instalasi Remix OS

Mengganti Bootanimation Pada Marshmallow

Pada Android Lollipop dan versi sebelumnya bootanimation terdapat pada /system/media, tapi berbeda dengan Marshmallow. Kalo kalian coba ganti bootanimation pada direktori tersebut gak akan ada perubahan yang berarti, karna bootanimation pada Marshmallow terdapat pada direktori yang berbeda, dan berikut langkahnya :

1. Buka Root Explorer, pastikan Android kalian sudah di root.
2. Cari dan masing ke folder "oem".

3. Lalu pilih masuk ke folder "media".

4. Salin bootanimation kalian, lalu ubah permissionnya jadi rw-r-r- dan reboot, selesai.

Sekian cara mengganti bootanimation pada Marshmallow dari gua semoga bermanfaat.
Keep calm, stay healthy and respect, cheer ...

Monday, September 5, 2016

Menginstal BusyBox di Marshmallow

Beberapa aplikasi yang berjalan Android membutuhkan BusyBox, dan gua kemaren sedikit kesulitan untuk menginstal si BusyBox pada Android Marshmallow karna memang terdapat perbedaan pada sistem. Oke gak usah berlama-lama berikut langkahnya:

1. Install BusyBox disini.
2. Buka aplikasi, dan masuk ke tab Install BusyBox

3. Lalu pilih '/system/xbin' sebagai lokasi instalasi.

4. Klik 'Install'  dan jika berhasil akan ada popup seperti gambar dibawah

5. Reboot, selesai!!

Itulah cara menginstal BusyBox di Android Marshmallow semoga bermanfaat, Keep calm, stay healthy and respect, cheer ...

Monday, April 25, 2016

Music to Walkman

Seperti yang kita tau, Sony Merubah Walkman menjadi Music, mungkin ada beberapa orang yang suka dan nggk termasuk gua.

Kalo kalian ingin mengubah Music menjadi Walkman, berikut syarat dan langkahnya:

Requirement:
- Root Access
- Root File Manager (ex. Root Explorer)

Installation:
- Download SemcMusic-to-Walkman-Overlay-XX.apk (Pilih sesua versi Android kalian).
- Copy ke /system/vendor/overlay/(here)
- set permission to rw-r--r--
- reboot
- Selesai

Download:
- Lollipop
- Kitkat
- JB 4.2

Tested on my Xperia M4 aqua:

Source : [App][Overlay][JB/KK/LL]Music to Walkman - XDA

Friday, March 11, 2016

Intip Tampilan Android N (Developer Preview)

Kedatangan developer preview Android N menjadi kejutan, karna mengingat belum lama ini Android Marshmallow resmi diluncurkan.

Namun, terdapat berbedaan yang mendasar di Android N seperti beberapa screenshot yang menunjukan versi ke 7 dari Android ini benar-benar mendukung multitasking dan beberapa fitur yang belum bisa dijelaskan secara gamblang karna tidak menuntup kemungkinan Android akan menambah atau mengurangi fitur pada developer preview selanjutnya sampai resmi meluncur.


Yang menjadi pertanyaan adalah apa kode nama dari Android N, pasti kalian sudah menebak-nebak seperti layaknya versi android sebelumnya. Jadi kita tunggu saja perkembangan dan kejutan selanjutnya dari Android N

Screenshot :

Sumber screenshot: XDA

Thursday, February 25, 2016

Spesifikasi Lengkap Xperia X series

Xperia X merupakan episode baru dari Vendor Smartphone asal Jepang yang melanjutkan perjuangan dari Xperia Z series, untuk spesifikasi Xperia X sebagai berikut

Sony Xperia X series:
Xperia XAXperia XXperia X Performance
Display size5-inch5-inch5-inch
Screen resolution720 x 12801080 × 19201080 x 1920
PPI294441441
Screen-to-Phone Ratio %71.869.668.1
ChipsetMediatek Helio P10 (MT6755)Snapdragon 650 (MSM8956)Snapdragon 820 (MSM8996)
ProcessorOcta-Core (2GHz ARM Cortex-A53)Hexa-Core (1.8 GHz dual-core Cortex-A72 and 1.4 GHz quad-core Cortex-A53)Kryo Quad-Core CPU (Up to 2.2 GHz)
GraphicsMali-T860 MP2 @ 700 MHzAdreno 510Adreno 530
RAM2GB3GB3GB
Internal Storage16GB32GB (Single SIM) / 64GB (Dual SIM)32GB (Single SIM) / 64GB (Dual SIM)
External memorymicroSD supportmicroSD supportmicroSD support
Rear Camera - Sensor13MP 1/3-inch Exmor RS (IMX258)23MP 1/2.3-inch Exmor RS23MP 1/2.3-inch Exmor RS
Rear Camera - FeaturesHybrid Autofocus, 5x clear image zoom, Full HD 1080p Video RecordingPredictive Hybrid AF, 5x Clear Image Zoom, 24mm G Lens F2.0, Full HD 1080p Video RecordingPredictive Hybrid AF, 5x Clear Image Zoom, 24mm G Lens F2.0, Full HD 1080p Video Recording
Front Camera - Sensor8MP Exmor R (IMX219)13MP 1/3.06-inch Exmor RS sensor13MP 1/3.06-inch Exmor RS sensor
Front Camera - Features88 degree Wide Angle lens, Full HD 1080p Video Recording22mm Wide Angle Lens F2.0, Full HD 1080p Video Recording22mm Wide Angle Lens F2.0, Full HD 1080p Video Recording
Water resistanceN/AN/AIP68 certified
Fingerprint SensorNoYesYes
DesignPlasticMetal rear and Metal-effect polycarbonate frameBrushed Metal rear (Graphite Black & White only) and Metal-effect polycarbonate frame
SoundS-FORCE 3D, VPT (Virtualphones Technology), Clear Audio+, Stereo RecordingHigh-Resolution Audio (LPCM, FLAC, ALAC, DSD), DSEE HX, LDAC, Digital Noise Cancellation, S-Force Front Surround, Clear Audio+, Stereo recordingHigh-Resolution Audio (LPCM, FLAC, ALAC, DSD), DSEE HX, LDAC, Digital Noise Cancellation, S-Force Front Surround, Clear Audio+, Stereo recording
Battery capacity2300mAh2620 mAh2700mAH
LTECat 4Cat 6Cat 9
SIMNano SIM (Single & Dual variants)Nano SIM (Single & Dual variants)Nano SIM (Single & Dual variants)
Dimensions143.6 x 66.8 x 7.9mm142.7 x 69.4 x 7.9mm143.7 x 70.4 x 8.7mm
Weight137.4g153g165g
OSAndroid 6.0 MarshmallowAndroid 6.0 MarshmallowAndroid 6.0 Marshmallow
ColoursWhite, Graphite Black, Lime Gold and Rose GoldWhite, Graphite Black, Lime Gold and Rose GoldWhite, Graphite Black, Lime Gold and Rose Gold
OtherQnovo’s Adaptive Charging technology, Bluetooth 4.1, NFCQnovo’s Adaptive Charging technology, Bluetooth 4.2, NFCQnovo’s Adaptive Charging technology, Bluetooth 4.2, NFC
Sumber : http://www.xperiablog.net/

Selamat Tinggal Xperia Z, Selamat Datang Xperia X

Untuk yang menunggu kehadiran Sony Xperia Z6, kayaknya harus gigit jari karena sudah tidak akan ada lagi seri dari Xperia Z. Vendor Smartphone asal Jepang ini Menggantikan seri Z dengan seri X, dimana Xperia Z5 merupakan seri terakhir dari Xperia Z series.

Seperti Xperia Z, Xperia X akan mengeluarkan 3 varian smartphone yaitu, Xperia XA, Xperia X, Xperia X Performance. Sama-sama mengusung layar 5-inch akankah Xperia X yang menggantikan Xperia Z dan mengulang sukses sebagai flagship Sony.

Bagi pengguna Xperia yang ingin mendapatkan Xperia Z6 mungkin akan beralih ke Xperia X yang dikabarkan akan dirilis tahun ini.

Saturday, January 23, 2016

[Theme] Simple Flat Blu w/ Theme Creator


What's Inside :
- Flat Blue UI
- One+ Wallpaper (Never Settle)

Download

Tema ini dibuat dengan Theme Creator, bisa kalian download dengan status BETA disini

Monday, January 18, 2016

Menggunakan Smartfren4G di Xperia M4 aqua Dan Semua Smartphone Android

Setelah mencoba berbagai cara, akhirnya Smartfren bisa tembus di device gua. Sebelumnya untuk bisa memakai Smartfren syaratnya harus terdapat setelan LTE only yg dimana itu tidak terdapat pada Sony Xperia M4 aqua.

Jika ingin menggunakan Smartfren kita dibuat penasaran dan diharuskan memutar otak. Smartfren4G sendiri berada di Band 5 (850Mhz) dan Band 40 (2300Mhz) jaringan LTE, sedangkan Sony Xperia M4 aqua berada di Band 5 dan seharusnya bisa.

Cara ini gua dapet secara tidak sengaja (kepencet), dan berikut langkahnya:

1. Buka Phone/dialer ketik *#*#4636#*#*
2. Pilih Phone information, lalu ubah setelan tipe jaringan LTE/GSM jadi LTE only

3. Turn off radio lalu Turn on radio
4. Selesai

Jeng ... Jeng ... Selamat, kalian sudah bisa menggunakan Smartfren4G.
Karna masa aktif bonus gua sudah habis, jadi gua gak bisa internetan :D. So, enjoy Xperia M4 aqua kalian yg sudah sempurna dengan Smartfren4G.
Okey, that's enough from me, keep calm, stay healthy, and respect, cheer ...

APN Setting :
APN : smartfren4G
Username : smartfren
Password : smartfren
Authentication type : PAP or CHAP
APN type : default, supl, hipri
Tidak bisa voice call, Hanya Paket Data. Karna Smartfren4G diperuntukan Internet. Baca dibagian depan bungkus Perdana.